Strategi Promosi dan Iklan
1) Pengertian Komunikasi Pemasaran
Pemasaran itu sendiri adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
2) Pentingnya Komunikasi yang Efektif
Komunikasi yang efektif sangat diperlukan
sekali dalam suatu kegiatan pemasaran karena dengan komunikasi kita dapat
bekerja dengan baik. Karena komunikasi itu sendiri adalah anugerah tuhan yang
memang sudah seharusnya kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, dengan
berkomunikasi kita dapat saling memberitahukan kepada yang lain apabila terjadi
sesuatu baik dalam pemrosesan bahan-bahan produk, pendistribusian, dan lain
sebagainya. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan
atau informasi pengirim melalui suatu media kepada pihak penerima agar mapu
menerima dan memahami maksud pengirim.
3) Periklanan
Periklanan adalah komunikasi
non-individual, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan
oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu yang lainnya.
4) Penjualan Tatap Muka
Tenaga penjualan atau personal
selling merupakan alat promosi perusahaan yang banyak melibatkan
komunikasi langsung (personal) antara perusahaan dengan konsumen, baik secara
perorangan maupun kelompok. Tenaga penjualan seperti ini sangat diperlukan
unyuk promosi perusahaan dimana unsur volume dan harga merupakan penentu utama
bagi pembeli.
Hubungan Masyarakat
Alat komunikasi pemasaran yang lain adalah
kegiatan relasi publik atau hubungan masyarakat (public relation)
untuk membina publisitas perusahaan dan produknya. Kegiatan hubungan masyarakat
adalah kegiatan manajemen dirancang untuk membentuk dan membina sikap dan
perilaku masyarakat terhadap perusahaan. Kegiatan ini tidak dapat secara
keseluruhan dikendalikan oleh perusahaan.
Berikut tujuan-tujuan relasi publik :
- Menciptakan kesadaran masyarakat
- Membina kredibilitas
- Merangsang kegiatan penjualan dan perantara
- Mendukung dan mengkompetisir kegiatan promosi
Berikut ini media atau alat-alat kegiatan
hubungan masyarakat :
- Berita-berita yang netral
- Seminar loka-karya dll
- Kejadian atau peristiwa khusus
- Pelayanan masyarakat
- Informasi tertulis
- Lobi dengan publik
5) Promosi Penjualan
Promosi penjualan adalah alat promosi yang
merupakan perangsang bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian, umumnya
bersifat jangka pendek, promosi penjualan dapat personal maupun non-personal.
6) Pemasaran Langsung
Kegiatan yang dilakukan langsung antara
pihak perusahaan dengan masyarakat untuk membentuk pola pikir masyarakat
tersebut mengenai perusahaan dan produk yang dihasilkan, juga untuk memberikan
peluang membeli dan terus menggunakan produk tersebut.
Sumber :
BUKU DASAR
PEMASARAN ; SERI DIKTAT KULIAH ; TEGUH BUDIARTO ; UNIVERSITAS GUNADARMA
DHARMMESTA, BASU SWASTHA, AND IBNU SUKOTJO. PENGANTAR EKONOMI PERUSAHAAN MODERN. YOGYAKARTA : PENERBIT LIBERTY, 1982
Komentar
Posting Komentar