Segmentasi Pasar Dan Analisis Demografi
Segmentasi Pasar
Dalam bukunya The Marketing Book, Prof. Peter Doyle secara khusus menyatakan bahwa keberhasilan pemasaran produk sangat
dipengaruhi oleh keberhasilan perusahaan memilih segmen pasar secara tepat dan
menyusun marketing mix yang dapat diterima oleh setiap segmen pasar yang
dipilih.
Segmen pasar adalah bagian dari pasar secara keseluruhan. Sedangkan bagi setiap perusahaan pasar adalah orang perorangan dan organisasi yang membutuhkan produk mereka serta mempunyai kemampuan untuk membelinya. Segmen pasar terdiri dari pembeli potensial tertentu yang memenuhi kriteria yang sama. Kriteria berupa demografis, tingkat tenaga beli, umur, ras, suku, gender, serta faktor – faktor situasi khusus.
Segmentasi Consumer Market
Dalam bukunya Marketing An Introduction,
Philip Kotler dan Gary Amstrong membagi segmen pasar tersebut dilakukan
berdasarkan perbedaan empat macam kriteria yang berikut :
- Faktor Geografis (Geographic)
- Faktor Demografis (Demographic)
- Faktor Psikhografis (Psychographic)
- Faktor sikap atau perilaku konsumen (Consumers Behavioristic)
- Segmentasi Pasar Secara Geografis
- Segmentasi Pasar Secara Demografis
Karena perbedaan selera, gaya hidup,
cita rasa yang disebabkan adanya perbedaan gender yang sudah sejak lama maka
konsumen akhir produk kosmetika pun dibagi menjadi dua segmen pasar yaitu
segmen pasar kosmetika wanita dan segmen pasar pria.
- Segmentasi Pasar Secara Psikhografis
Semakin maju kehidupan ekonomi suatu
negara maka semakin banyak jenjang pengelompokan golongan sosial penduduknya.
Philip Kotler dan Gary Amstrong
menyebutkan berdasarkan tingkat penghasilan di bagi menjadi tujuh strata kelas
sosial yaitu golongan teratas, golongan atas, golongan menegah atas, golongan
menengah, golongan pekerja, golongan bawah atas, dan golongan bawah.
- Konsumen Golongan Atas ; Kebanyakan negara berkembang Asia, Afrika, dan Amerika Latin jumlah golongan sosial kelas atas hanya sedikit. Namun mereka memiliki penghasilan dan harta kekayaan sangat banyak. Kebanyakan mereka mempunyai latar belakang pendidikan yang tinggi sebagian besar mereka berprofesi sebagai manajemen di perkantoran pemerintah. Mereka menjadi konsumen berbagai macam barang dan jasa mewah yang dihasilkan oleh banyak perusahaan dalam dan luar negeri.
- Konsumen Golongan Menengah ; Jumlah golongan menengah di negara – negara berkembang tidak sama. Namun di kebanyakan negara berkembang jumlah penduduk kelas menengah dibandingkan dengan seluruh jumlah penduduk relatif sedikit. Kebanyakan penduduk kelas menengah berprofesi sebagai manajemen atau karyawan perusahaan swasta, instansi pemerintah, tenaga akademis, dan pengusaha kecil. Latar belakang pendidikan mereka cukup tinggi.Jumlah penghasilan yang diperoleh penduduk kelas menengah lebih besar dari jumlah pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Namun tidak sedikit pula penduduk golongan menengah yang penghasilannya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.
- Konsumen Golongan Bawah ; Di hampir
seluruh negara berkembang jumlah penduduk kelas bawah paling banyak
dibandingkan dengan jumlah kedua golongan sosial penduduk yang lain. Sebagian
besar mereka bekerja di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan
jasa, eceran, dan sektor in-formal. Penghasilan mereka rendah oleh karena itu tenaga
belinya juga rendah. Oleh karena tenaga belinya rendah mereka tidak mampu
membiayai pendidikan anak-anaknya sampai tingkat pendidikan kelas menegah atau
menegah atas.
- Segmentasi Pasar Secara Behavioristik
Dalam segmentasi pasar secara
behavioristik konsumen dibagi menjadi beberapa segmen pasar berdasarkan jadwal
pemakain produk, manfaat yang ingin diperoleh, status pemakai, intensitas konsumsi,
kesetiaan, dan kesiapan membeli.
Jadwal pembelian, konsumen dapat dibedakan
menjadi pembeli tetap dan pembeli musiman. Para pimpinan negara, pejabat, dan
sebagainya merupakan pelanggan perusahaan penerbangan, kapal, kereta api, bus
antar kota, dan rumah penginapan. Sepanjang tahun mereka berpergian ke luar
kota untuk urusan pekerjaan, oleh karena itu sepanjang tahun mereka
mempergunakan jasa perusahaan angkutan udara, darat, dan laut serta jasa
penginapan.
Sedangkan pihak pelajar, mahasiswa, ibu
rumah tangga dapat dikategorikan sebagai pembeli musiman jasa perusahaan angkutan
udara, laut, darat, dan jasa penginapan. Jumlah permintaan mereka akan jasa
prusahaan pariwisata pada musim liburan sekolah dan hari raya meningkat. Dengan
hal itu upaya perusahaan jasa pariwisata mempromosikan produk mereka kepada
segmen pasar tersebut hanya dapat efektif pada masa menjelang dan selama masa
liburan berlangsung.
Manfaat yang diperoleh konsumen dari
produk yang dibeli berbeda – beda. Dalam kaitannya dengan harga dan manfaat
produk konsumen dapat dibagi menjadi dua segmen, yaitu mereka yang menganggap
harga bersaing sebagai kepuasan yang mereka cari dan mereka yang lebih
mengutamakan kepuasan yang tidak bersangkutan dengan harga. Kepuasan non-harga
adalah kebanggaan memiliki atau menikmati barang atau jasa yang dibeli,
peningkatan status sosial karena memiliki produk yang dibeli.
- Volume konsumsi per kapita : konsumen digolongkan menjadi beberapa segmen pasar berdasarkan volume konsumsi per kapita.
- Kebebasan memilih : konsumen dapat dibedakan menjadi beberapa segmen pasar berdasarkan kebebasan memilih merek dagang, produsen, dan tempat berbelanja.
Niche Marketing
Segmen pasar konsumen akhir dapat dibagi
lagi menjadi beberapa sub segmen yang lebih kecil. Kebutuhan dan keinginan
konsumen yang tergolong kecil belum tentu dilayani sepenuhnya oleh sebagian
perusahaan – perusahaan yang ada. Dalam
banyak hal sub – segmen pasar ini dilayani oleh perusahaan – perusahaan skala
kecil dan dalam jumlah terbatas. Perusahan yang bergerak di sub – segmen pasar
ini biasanya lebih dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka.
Oleh karena itu sedikit pelanggan bersedia membayar mahal dibandingkan dengan
harga produk sejenis yang dijual dipasar.
Niche dapat mempunyai daya tarik bagi perusahaan untuk melayaninya secara khusus bilamana memenuhi syarat – syarat berikut.
Niche dapat mempunyai daya tarik bagi perusahaan untuk melayaninya secara khusus bilamana memenuhi syarat – syarat berikut.
- Para konsumen dalam niche benar – benar mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda dengan konsumen biasa
- Perusahaan yang melayani (nicher) mempunyai keahlian khusus untuk menciptakan produk yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan dan keinginan
- Niche yang bersangkutan mempunyai potensi untuk berkembang
- Niche yang bersangkutan tidak menarik perhatian terlalu banyak perusahaan lain
>> Market Targeting
Proses mengidentifikasi dan menganalisis pasar yang akan dilayani disebut strategi menentukan segmen pasar yang akan dijadikan sasaran. Dalam bahasa asing strategi menentukan segmen pasar yang akan dibidik perusahaan itu disebut market targeting.
Proses mengidentifikasi dan menganalisis pasar yang akan dilayani disebut strategi menentukan segmen pasar yang akan dijadikan sasaran. Dalam bahasa asing strategi menentukan segmen pasar yang akan dibidik perusahaan itu disebut market targeting.
Untuk memastikan segmen – segmen pasar
yang mempunyai potensi untuk dilayani secara menguntungkan, perusahaan yang
bersangkutan perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dengan menggunakan kriteria tertentu untuk dipilih.
Adapun kriteria yang dipergunakan sebagai bahan masukan analisis kelayakan :
- Jumlah potensi permintaan tiap segmen pasar dan tingkat pertumbuhannya (the prospective demand of each segent and its growth
- Tingkat persaingan pasar
- Perbandingan manfaat dan biaya
- Kekuatan dan kelemahan perusahaan
- Tujuan usaha jangka menengah
- Kemampuan menghimpun dana tambahan
- Analisis daya tarik segmen pasar
Alternatif Strategi Pemilihan
- Mengerahkan seluruh sarana usaha untuk memasuki segmen pasar terbesar (single segment concentration)
- Melayani beberapa segmen pasar tertentu (selective specialization)
- Memusatkan diri pada beberapa segmen pasar yang menguntungkan (market specialization)
- Melayani seluruh segmen pasar yang ada (full market coverage)
Salah satu contoh segmentasi pasar pada
suatu perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia :
Pola Segmentasi Pasar Pada PT. Mustika
Ratu Tbk
Pembagian segmen pasar dilakukan
berdasarkan perbedaan empat macam kriteria berikut :
1.) Segmentasi Pasar Secara Geografis
Secara geografis pasar dapat dibedakan
menjadi beberapa segmen yaitu segmen pasar internasional, nasional, lokal,
dalam dan luar kota. Pada segmen pasar perusahaan Mustika Ratu Tbk ini memusatkan
pemasaran hasil produksinya ke beberapa daerah geografis, terutama berpusat
pada kota – kota besar seperti Jakarta. Karena dengan berpusat pada kota – kota
besar ini hasil penjualan produk yang diperoleh dari konsumen di kota – kota besar
cukup banyak untuk menutup biaya operasional dan memperoleh keuntungan. PT
Mustika Ratu Tbk hanya membatasi daerah operasi bisnisnya pada kota – kota dan
lokasi tertentu saja. Berawal dari usaha rumah tangga, kini PT Mustika Ratu Tbk
telah tumbuh menjadi perusahaan consumer products yang besar. Produk – produk Mustika
Ratu kini menempati posisi puncak di pasar domestik dan diterima baik di pasar
luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Asia Timur, Eropa
Timur, Timur Tengah dan beberapa negara Afrika. Segmen pasar pada PT Mustika
Ratu Tbk mencakup Nasional seluruh Indonesia dan kini seiring berkembangnnya
perusahaan Mustika Ratu sudah mulai bergerak memasuki ke arah segmen pasar internasional
seperti Asia.
2.) Segmentasi Pasar Secara Demografis
Konsumen dapat dibedakan berdasarkan ras,
suku, gender, agama, latar belakang pendidikan, pekerjaan, jabatan, dan jumlah
anggota keluarga. Faktor demografis sangat besar pengaruhnya terhadap tingkat
dan jenis kebutuhan akan kebutuhan barang dan jasa.
Pemasaran pada PT Mustika Ratu Tbk
berkonsentrasi pada kecantikan alami yang berasal dari warisan leluhur dengan
selalu memanfaatkan sumber daya alam tumbuh – tumbuhan alami di Indonesia. Di
dalam segmen pasar secara demografis sering terjadi perbedaan cita rasa,
selera, dan gaya hidup yang di akibatkan adanya perbedaan gender yang terjadi
sudah sangat lama antara konsumen kosmetika wanita dan segmen pasar pria.
3.) Segmentasi Pasar Secara Psikhografis
Faktor psikhografis adalah penggolongan
sosial, gaya hidup, dan pola konsumsi.
Ketiga faktor tersebut mempengaruhi kebutuhan, pola konsumsi, dan keinginan
seseorang untuk memiliki barang dan jasa.
Kebanyakan konsumen dalam PT Mustika
Ratu Tbk adalah golongan menegah ke atas yang selalu mengutamakan gaya hidup
terutama pada kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh. Tanpa membeda – bedakan
ras, suku, agama, jabatan, dan lain sebgainya Mustika Ratu selalu memberikan
pelayanan yang terbaik kepada konsumen demi menjaga eksistensi dan kualitas
produk.
Konsumen golongan atas seperti ini
biasanya memiliki penghasilan yang besar sesuai dengan latar belakang
pendidikan dan pekerjaannya.
4.) Segmentasi Pasar Secara Behavioristik
Dalam segmentasi pasar secara
behavioristik konsumen dibagi menjadi beberapa segmen pasar berdasarkan jadwal
pemakaian produk, manfaat yang ingin diperoleh, status pemakai, intensitas konsumsi,
kesetiaan, dan kesiapan membeli.
Konsumen setia Mustika Ratu selalu
meluangkan waktu untuk mengikuti perkembangan produk yang terjadi. Pembeli
dalam Mustika Ratu termasuk konsumen tetap yang selalu menggunakan produk –
produk Mustika Ratu dalam jangka waktu panjang karena sudah dirasa cocok dengan
keinginan dan kebutuhan tubuh dan kulit.
Alat segmentasi pasar pada PT Mustika
Ratu Tbk :
PT Mustika Ratu dalam kegiatan
pemasarannya selalu menghadirkan tampilan yang selalu berbeda setiap tahunnya.
Dalam proses penarikan minat konsumen akan produknya Mustika Ratu selalu
melakukan kegiatan promosi – promosi melalui media iklan, seminar, majalah, dan
lain sebagainya.
Dalam langkah menuju pemasaran
internasional PT. Mustika Ratu Tbk menjadi sponsor utama dalam Pemilihan Puteri
Indonesia dan sekarang sudah mulai Go Internasional dengan mengirimkan Puteri
Indonesia untuk mengikuti pemilihan Miss Universe. Dengan tujuan untuk
mengangkat citra produk – produk Mustika Ratu yang mengusung kosmetika
tradisional ke pasar Internasional.
Sumber :
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CCoQFjAA&url=http%3A%2F%2Fcintatakbuta.files.wordpress.com%2F2011%2F11%2Fpaper-m-s-pt-mustika-ratu-new-kelompok-1.doc&ei=NphOUsL4IJDqrQfC64C4BA&usg=AFQjCNHBsaPcLuq3s62Sra9g3a9hFb6svw&sig2=IG4p6qVvg75qMnaPEdQyjg
http://www.mustika-ratu.co.id/
Komentar
Posting Komentar