DASAR PEMASARAN : STRATEGI PROMOSI DAN PERIKLANAN

a) Pengertian Komunikasi Pemasaran
Pemasaran itu sendiri adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
b) Pentingnya Komunikasi yang Efektif
Komunikasi yang efektif sangat diperlukan sekali dalam suatu kegiatan pemasaran karena dengan komunikasi kita dapat bekerja dengan baik. Karena komunikasi itu sendiri adalah anugerah tuhan yang memang sudah seharusnya kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, dengan berkomunikasi kita dapat saling memberitahukan kepada yang lain apabila terjadi sesuatu baik dalam pemrosesan bahan-bahan produk, pendistribusian, dan lain sebagainya.
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada pihak penerima agar mapu menerima dan memahami maksud pengirim.
c) Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individual, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu yang lainnya.
d) Penjualan Tatap Muka
Tenaga penjualan atau personal selling  merupakan alat promosi perusahaan yang banyak melibatkan komunikasi langsung (personal) antara perusahaan dengan konsumen, baik secara perorangan maupun kelompok. Tenaga penjualan seperti ini sangat diperlukan unyuk promosi perusahaan dimana unsur volume dan harga merupakan penentu utama bagi pembeli.
e) Hubungan Masyarakat
Alat komunikasi pemasaran yang lain adalah kegiatan relasi publik atau hubungan masyarakat (public relation) untuk membina publisitas perusahaan dan produknya. Kegiatan hubungan masyarakat adalah kegiatan manajemen dirancang untuk membentuk dan membina sikap dan perilaku masyarakat terhadap perusahaan. Kegiatan ini tidak dapat secara keseluruhan dikendalikan oleh perusahaan.
Berikut tujuan-tujuan relasi publik :
  • Menciptakan kesadaran masyarakat
  • Membina kredibilitas
  • Merangsang kegiatan penjualan dan perantara
  • Mendukung dan mengkompetisir kegiatan promosi
Berikut ini media atau alat-alat kegiatan hubungan masyarakat :
  • Berita-berita yang netral
  • Seminar loka-karya dll
  • Kejadian atau peristiwa khusus
  • Pelayanan masyarakat
  • Informasi tertulis
  • Lobi dengan publik


f) Promosi Penjualan
Promosi penjualan adalah alat promosi yang merupakan perangsang bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian, umumnya bersifat jangka pendek, promosi penjualan dapat personal maupun non-personal.
g) Pemasaran Langsung
Kegiatan yang dilakukan langsung antara pihak perusahaan dengan masyarakat untuk membentuk pola pikir masyarakat tersebut mengenai perusahaan dan produk yang dihasilkan, juga untuk memberikan peluang membeli dan terus menggunakan produk tersebut.






SUMBER :


BUKU DASAR PEMASARAN ; SERI DIKTAT KULIAH ; TEGUH BUDIARTO ; UNIVERSITAS GUNADARMA


DHARMMESTA, BASU SWASTHA, AND IBNU SUKOTJO. PENGANTAR EKONOMI PERUSAHAAN MODERN. YOGYAKARTA : PENERBIT LIBERTY, 1982


Komentar

Postingan Populer