DASAR PEMASARAN : STRATEGI DISTRIBUSI

a) Pengertian Manajemen Saluran
Manajemen saluran adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen ke konsumen atau pemakai industri.

b) Alasan Menggunakan PerantaraDalam opersinya perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasarannya seperti penyimpanan, pengangkutan dll. Para perantara ini dapat dimasukkan ke dalam saluran distribusi karena dianggap dapat melaksanakan beberapa kegiatan secara lebih efisien daripada produsen.


c) Keuntungan menggunakan Perantara
  • Dapat mempermudah perusahaan dalam memasarkan produknya ke para konsumen melalui perantara
  • Dapat memberikan ke untungan yang besar bagi perusahaan karena dengan perantara dapat menarik konsumen untuk membeli produknya
  • Sebagai penyalur barang-barang ke konsumen untuk dijual kembali 
d) Perantara Pedagang
Merupakan salah satu lembaga saluran yang penting, teutama untuk menyalurkan barang konsumsi. Banyak fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan. Pedagang merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pembeli barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali.

  • Penjual adalah perusahaan yang membantu perusahaan menemukan pelanggan dan melakukan penjualan kepada pelanggan.
  • Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan dalam menimbun dan memindahkan  persediaan yang berhubungan dengan perusahaan pergudangan dan transportasi.
  • Agen jasa pemasaran merupakan agen yang membantu perusahaan dalam membidik dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat, meliputi perusahaan riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media dan perusahaan konsultan pemasaran
  •  Perantara keuangan merupakan perusahaan yang membantu mendanai transaksi atau mengasuransikan resiko yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang, seperti bank,pendanaan kredit, perusahaan asuransi.
e) Perantara Agen
Beberapa dari perantara agen ini sering berkecimpung dalam kegiatan perdagangan besar. Namun dalam menjalankan fungsinya, mereka tidak mempunyai hak milik atas barang-barang yang diperdagangkan. Meskipun mereka menjalankan kegiatan perdagangan besar tetapi pada umumnya mereka tidak dimasukkan ke dalam kategori pedagang.

f) Beberapa Alternatif Distribusi
Dalam hal ini, produsen mempunyai tiga alternatif yang dapat ditempu, yaitu :
  • Distribusi Intensif ; merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan sebanyak mungkin penyalur untuk mencapai konsumen, agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi. Adapun jenis barang yang disalurkan melalui distribusi intensif ini adalah : barang konsumsi jenis konvenien dan barang ibdustri jenis perlengkapan operasi
  • Distirbusi Selektif ; merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan sejumlah pedagang besar atau pengecer yang terbatas dalam daerah geografis tertentu. Perusahaan berusaha memilih penyalur yang betul-betul baik dan mampu melaksanakan fungsinya. Distribusi ini biasanya digunakan untuk barang baru, barang spesial, dan barang industri jenis peralatan ekstra.
  • Distribusi Ekslusif ; merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan hanya menggunakan satu pedagang atau pengecer di daerah pasar tertentu. Produsen hanya menjual barangnya kepada satu pedagang atau pengecer saja. Pada umumnya distribusi ekslusif ini dipakai untuk barang konsumsi jenis spesial dan barang industri jenis instalasi.

g) Saluran Distribusi Barang Konsumen
Semakin panjang jenjang saluran distribusi yang di gunakan berarti semakin tidak langsung penyampaian barang dari produsen ke konsumen. Saluran distribusi untuk produk-produk konsumen memiliki pola yang berbeda dengan pola untuk produk-produk industrial.
Skema sistem saluran distribusi produk konsumen:


skema 8.6 : saluran distribusi produk konsumen


 

h) Saluran Distribusi Barang Industrial
Skema sistem saluran distribusi dan produk industrial adalah sebagai berikut :





skema 8.7 : saluran distribusi produk industrial

















SUMBER :

BUKU DASAR PEMASARAN ; SERI DIKTAT KULIAK ; TEGUH BUDIARTO ; UNIVERSITAS GUNADARMA

DHARMMESTA, BASU SWASTHA, AND IBNU SUKOTJO. (PENGANTAR EKONOMI PERUSAHAAN MODERN). YOGYAKARTA : PENERBIT LIBERTY, 1982

Komentar

Postingan Populer